Di penghujung SMA

Menyelesaikan 6 semester alias 3 tahun untuk sekolah di kota orang memang bukan perkara mudah. Apalagi untuk nyelesain jenjang SMA, beda lah ya kalau urusan kuliah, bisa dibilang anak kuliahan memang harus ngerantau, masa mau berlindung di bawah naungan ibu selalu. Rantau-er yang masih SMP/SMA tuh diibaratin kayak bayi prematur, yang harusnya belum keluar dan mestinya masih main di kandang sendiri, tapi dipaksa keluar dan mandiri. Ya, mandiri. Rindu ditanggung sendiri.

Memang, sekolah di luar kota tuh BERASA kayak selangkah lebih maju. Lebih mandiri. Dan semoga memang begitu. Udah duluan nih nyicip kehidupan SMA rasa perkuliahan. Tugas hampir nyamain anak kuliah dari segi kuantitas kayaknya. Jam terbang di sekolah, lebih lama kali ya ketimbang yang kuliah.
Pergi liat sunrise, pulang liat sunset. Untung-untung kalo yang diliet masih sunset. Ibarat lembur tanpa tambahan upah. *lebaydeh*

Ngeluh? Ya iyalah, tapi semakin sering ngeluh malah semakin berasa capek. Mengeluh itu ga guna. Dan gak terasa, udah masuk ke semester 5 alias kelas 12 semester 1, alangkah cepat waktu berlalu. Perasaan baru kemarin daftar untuk masuk SMA. Perasaan baru kemarin latdis dan MOS. Perasaan baru kemarin jadi anak asrama. Percayalah, semua itu hanya perasaan :" 

Kadang sempet mikir, kok mau sih seorang Meitri sekolah jauh-jauh, toh baru SMA juga. Jauh dari keluarga, jauh dari kawan-kawan. Tapi ya udalah, itu semua hanya pikiranku pas masih di asrama. Yang terpenting, bisa survive sampe sejauh ini, udah luar biasa kok (ini namanya memuji diri sendiri).

Kehidupan kelas 12 ternyata lebih parah dari kelas 10 dan 11 kemarin. Kalo jam kosong, banyak temen-temen yang belajar. Kalo jamkos pas kelas 10 dulu, ya paling tidur, kalo nggak, ya main laptop. Sekarang atmosfer kelas udah beda.

Nah, ngomong-ngomong tentang belajar nih, sekarang kan udah kelas 12, waktu belajar harus diperbanyak. Kualitas belajar juga harus ditingkatin. Tapi tetep ya, yang terpenting adalah belajar itu jangan hanya untuk tujuan ini, tujuan itu. Jangan hanya karena pengen nilai gede biar bisa lulus SNMPTN, ato belajar mati-matian beli buku ini buku itu biar lulus SBMPTN. Kalo belajar cuma pengen nilai gede, pasti kita malah ga yakin sama kemampuan diri sendiri, dan ujung-ujungnya ya malah nyontek. BELAJAR ITU YA UNTUK CARI ILMU, ILMU YANG BERKAH PASTINYA. Nah, capslock jebol nih. Kalo kita mikirnya belajar itu untuk dapet ilmu, saat ngehadapin ujian-ujian atau ulangan, dan kita gagal atau belum bisa lulus, kita ga bakal ngeluh kayak gini, "Ah, percuma dah belajar banyak-banyak, kalo taunya ga lulus, mending ga usah belajar dari awal". Nah, kita ga boleh gitu. Karena dalam yang namanya belajar, ga ada yang percuma. Kalo misalnya kita udah belajar tapi belum berhasil ngelewatin ujian atau tes yang ada, ya mungkin kita kurang doa, taunya belajaaaar mulu. Atau emang rejeki kita bukan di sana. Yakin deh, kita tuh udah punya jalan masing-masing, rejeki masing-masing. Jalan yang kita punya pun beda-beda, ada yang mulus, ada juga yang berbatu. Semoga kita semua selalu diberi kemudahan dan kesabaran dalam ngelewatin jalan yang udah ditetapin itu.

Nah, sekarang udah hampir di penghujung 2017. Tahun depan, udah di 2018. Tahun baru, semangat baru, semester baru, dan bakal dapet kehidupan baru. Yeeeh, kuliah! I can't wait! ^^

Komentar

Postingan Populer