Halaman 2 : Kalau Hobi Dijadiin Pekerjaan (?)

Ada yang bilang,
"Keren tuh kalau hobi dijadiin sebagai pekerjaan kita sehari-hari, sebagai ladang mencari rezeki."

Tapi

Ada juga yang bilang,
"Hobi itu ya hobi aja, ga usah dijadiin pekerjaan utama. Kalo dijadiin kerjaan sampingan ya boleh sih."

Nah

Aku mau cerita sedikit
Aku cukup tertarik di dunia sastra, tapi aku ga mendalami nih ya, jadi aku enggak paham betul seluk-beluknya. Tapi aku suka aja tuh sharing dalam bentuk tulisan entah itu cerpen, puisi, sajak, atau hanya tulisan ya kayak gini lah. Ga hanya itu, aku juga suka baca novel, menikmati indahnya kata-kata di puisi dan hal-hal yang berbau senada. Terus aku sempet kepikiran untuk masuk ke jurusan sastra, 
tapi
aku langsung menghapus sastra dari daftar pilihan jurusan yang bakal aku ambil saat itu. Karena aku tau, jalanku bukan di situ.

Gimana aku bisa tau?

Jadi,
aku memang suka dengan tulisan, dan aku penikmat keindahan kata-kata. Saat tahun terakhir SMA, aku masuk ke sebuah klub puisi gitu. Di sana kami dapet giliran untuk posting dua puisi dalam satu periode. Dengan tema dan waktu yang ditentukan. Sekali lagi, ibu-ibu bapak-bapak. Dengan tema dan waktu yang DITENTUKAN.

Sampai di sini mungkin kalian belum begitu paham ya

Gini nih
Aku tuh suka nulis
Tapi
Dengan aturanku sendiri,
temaku sendiri,
caraku sendiri,
dan kebutuhan moodku sendiri.
Ibaratnya aku tuh lagi kesel dan harus ngedumel,
tapi ngedumelnya dalam bentuk tulisan, 
dan akhirnya kesel pun hilang.
Seajaib itu loh :)

Dengan adanya ketentuan tema, dengan adanya deadline, itu tuh yang membuatku malah males nulis. Males. Banget.
Ditambah lagi aku memang lagi ga mood untuk nulis. Tapi namanya juga kewajiban ya, dan aku juga gamau dicap sebagai anggota yang ga disiplin. Ya udah, tetep aku selesain kok puisinya. Tapi hasilnya bener-bener ga maksimal, dan aku ga puas dengan karyaku sendiri.

Dari situ aku mikir, kalau nantinya menulis (which is itu adalah hobiku) menjadi pekerjaan utamaku, kalau aku jenuh, ke mana aku harus berlari? Ke mana aku harus mencari pelarian? Bukankah pelarian terbaik adalah hobi? Gimana dong, cuties?

Apakah menulis akan tetap semenyenangkan ini saat dikejar deadline?
Apakah menulis akan tetap semenyenangkan ini saat tema tulisan harus diatur?
Apakah menulis akan tetap semenyenangkan ini saat kita lagi ga mood untuk nulis tapi tetep dipaksa nulis?
Apakah akan tetap menyenangkan?
Itu sih yang aku takutkan

Ceritaku ini baru dalam konteks yang keciiiil banget. Gimana kalo nanti bisa jadi penulis beneran, mungkin aku bakal jadi penulis yang ga disiplin karna nulis sekehendak maunya aja dan malah menghambat jalan menuju kesuksesan

Aku sih pengen tetep nulis dan sharing, untuk seru-seruan aja sih, bukan untuk dijadiin pekerjaan utama. Kalau menulis bisa memberi penghasilan, anggap aja bonus.
Karena bagiku, esensi dari hobi itu sendiri adalah bisa menjadi tempat pelarian di saat kita lagi ngerasa ga bahagia.

Bukankah itu yang paling penting? :)

Komentar

Postingan Populer