Life gets hard

Friday night!
Malem ini aku mau sharing sedikit, guys.

Semenjak sekolah di Palembang, tinggal di tanah rantau, sedikit banyak bisa 'membelokkanku' dari yang awalnya manja, just a little spoiled girl, menjadi cewek-yang-mulai-mencoba-memahami-keluarga. Di sini, aku mulai memahami tentang susahnya orang tua untuk ngurusin kita, cari uang, mikirin pendidikan, doain kelancaran belajar, sampai menjamin bahwa kita, sebagai anaknya, harus mendapatkan seluruh hak yang sepatutnya kita dapatkan.

Dan mereka, yakinlah, ga pernah sekalipun mengharapkan balasan berupa materi dari kita, harta benda yang udah kita habisin selama kita hidup, seluruh waktu yang mereka pake buat ngurusin kita mulai dari dalam kandungan sampe segede ini. Percayalah, mereka ga mengharapkan balasan materi. Pernah ga sih, kalian mikir gimana mereka kerja buat kita, seberapa susah mereka kerja cari uang tiap hari, berapa jam waktu yang habis digunain untuk ngurusin hidup kita. Dan yang terpenting, mereka ga pernah nunjukin ke kita kalo mereka ada masalah, masalah apapun itu. Kita mikirnya sih semua oke. Gada masalah. Minta ini itu tetep dikasih. Ngelakuin ini itu tetep dibolehin. Kebayang ga gimana rasanya menyembunyikan masalah dan berpura kalo semuanya ya baik-baik aja. Kebayang ga gimana nanggung beban tanpa ada yang bisa coba memahami? Susah kan pasti.

Kadang kalo mikirin yang kayak gituan, pasti bawaannya langsung, aah, susahlah dijelasin. Kadang terharu juga, setelah ngelewatin semua ini, ternyata yang ortu mau itu kita bisa berdikari, mandiri. Walaupun pasti ada kendala dalam nyekolahin kita, menjamin pendidikan terbaik untuk kita, entah itu kendala finansial atau yang lain, tapi yakinlah, kekhawatiran terbesar mereka adalah kita ga bisa menyelesaikan dan memanfaatkan pendidikan kita semaksimal mungkin. Jadi, balaslah dengan meyakinkan mereka kalau kita bisa, kita bisa lulus tepat waktu, kita bisa masuk ptn tujuan, dan 'kita bisa ...' yang lainnya.

Dan di malam ini, aku hanya ingin berdoa supaya kami bertiga dimudahkan untuk menyelesaikan pendidikan. Kakak-kakakku bisa menyelesaikan kuliah secepatnya, bisa kerja atau kalau ada rezeki bisa lanjut kuliah lagi. Dan untukku sendiri, dalam waktu dekat ini, semoga dimudahkan melewati setiap ujian yang bakal diadain, bisa dikasih kepercayaan diri untuk nentuin pilihan, bisa lulus ke ptn lewat jalut SNMPTN atau SBMPTN atau ke sekolah kedinasan, dan yang penting, semoga bisa diberi kelapangan dada untuk semua keputusan yang akan diberi oleh-Nya. Dan yang tidak kalah penting, semoga Ibu Ayah selalu mendapatkan kebahagiaan, kesehatan, keselamatan.

Aku belum jadi orang sukses, baru mau lulus SMA, tapi aku udah bener-bener ngerasain perjuangan orang tuaku sampai aku bisa ngelangkah sejauh ini. Apalagi kalo ntar sukses, pasti bakal jauh lebih bersyukur karena udah punya orang tua yang udah mengurusi, mendidik, dan membimbing kami bertiga.

Udah, gitu aja. Guten nacht :)

Komentar

Postingan Populer