Wah, maba

Hidup sebagai mahasiswa baru kedokteran ternyata ga semudah dan ga seasik yang dibayangkan. Bukan mata kuliah atau jadwal yang jadi problema, melainkan masa peralihan yang kami jalani di sini. Tentu susah toh, mengubah mind set dari remaja SMA yang dicekoki materi tiap hari menjadi maba yang harus cari materi sendiri. Tentu susah toh mengubah mind set dari remaja SMA yang sumber tugasnya adalah teman sendiri abis itu beralih menjadi maba yang sumber tugasnya harus dari jurnal dan textbook. Materi belajar yang bener-bener baru dan jauuuuuh lebih mendetail ketimbang SMA membuat kami agak sempoyongan. Yang tambah bikin kesel, pada saat dosen udah jelasin, masih ga ngerti. Pas udah diulang di rumah, masih tetep ga paham. Udah baca-baca dari berbagai sumber, masih aja ga nangkep maksud dari materinya tuh apa. Jadi kami tuh kayak, ya gimana ya, tidak tahu bahwa kami tidak tahu. Kami tu gak paham apa yang kami pelajari, untuk apa kami mempelajari ini. Kami tu gak tahu di mana sih letak ketidakmengertian kami tuh dimana woy dimanaaa. Sedih aku tuh. Tapi mungkin semuanya balik lagi ke awal tadi, masalah mind set dan masa transisi. Mind set kami mungkin masih remaja SMA banget lah. Ditambah lagi masa peralihan dari anak manja menjadi anak mandiri. Dari siswa manja, menjadi mahasiswa tegar nan mandiri. Tapi gapapa sih di awal masih begini, mungkin di pembelajaran selanjutnya bisa jauuuh lebih mampu memahami pelajaran. Yang terpenting sih, niat. Kalo emang dari awal ga niat, pasti susah lah untuk bisa paham materi. Yang udah niat sepenuh hati aja masih kelabakan, apalagi yang setengah-setengah.

Dan setelah satu minggu menjalani perkuliahan, waduh kelabakan parah. Mood berantakan. Perasaan ga beraturan.  Bener-bener ga bisa kontrol emosi. Kadang kalo udah capek, tiba-tiba nangis, inget ortu. Kalo tepar, langsung sakit kepala hebat, pengen ngilang ajalah dari dunia (kedokteran). Tapi ini serius loh, serius. Beraaaat banget untuk ngejalanin hidup di awal-awal semester ini. Ga mudah nyesuain diri dengan mata kuliah dan jadwal yang berubah-ubah. Ditambah lagi emang dasarnya aku ga suka menghafal, dan emang sering ga mudeng kalo ngehafal, jadi ya agak susah untuk ngikutin pelajaran yang notabene semuanya ada bacaan dan hafalan. Tapi doakan saja semoga kedepannya bisa lebih terbiasa dan bisa nemuin cara baru untuk belajar lebih efektif.

Nah, masuk di minggu ketiga ini, sudah agak terbiasa dengan dunia perkuliahan. Setidaknya sudah tahu lah gimana menjadi masyarakat di kampus kedokteran. Aturan-aturan sudah jelas terpampang di pikiran. Kalau di awal minggu kemarin kan masih kaget dengan peraturan yang sebegitu ketatnya, kalau sekarang sudah bisa memahami konsekuensi dari tiap pilihan yang kita ambil. Sedikit-sedikit semoga bisa lebih memahami lagi.

Yaudah, segitu dulu.

Komentar

Postingan Populer