Idk what to say #1

Hola. Maaf ya blog, aku baru mengisimu sekarang setelah sekian lama enggak nulis. Kan biasanya aku ngepost kalo lagi galau, sekarang aku ga galau-galau nih, ya begimane dong?
Tapi maaf ya kalo postingan kali ini isinya curhatanku tentang gagalnya diriku ini untuk lolos sbmptn 2018. Pengen curhat dan ngelampiasin ke orang-orang terdekat, tapi gak enak lah. Curhat ke yang lulus, malah ngerusak kebahagiaan mereka, ntar malah ikutan melow. Curhat ke yang ga lulus, helow, mereka juga sedih kali. Tega banget nambah kesedihan orang.
Dan jalan terakhir untuk membuang seluruh uneg-uneg ini, ya disini, kotak sampahku, blog tercintaku.

Langsung ajalah ya, kita mulai.
Pada intinya, aku gagal. Ya, sedih itu pasti. Tapi yang lebih bikin sedih yaitu pada saat liet orang tua kita sedih liat kita ga lulus. Kita? Gue aja kali ya, ga lulus kok ngajak-ngajak.

Kelas 10 kuhabiskan waktu untuk ber-homesick ria. Kelas 11 kuhabiskan untuk bermain-main dan bersenang-senang. Sering bolos bimbel. Bolos kursus bahasa inggris. Dateng telat blablabla. Tapiii, di kelas 12 aku langsung banting setir. Awal semester langsung beli buku soal-soal masuk ptn. Ada waktu kosong diisi dengan nyicil ngerjain soal-soal sama mantengin pembahasan. Beribadah pun aku lebih giat. Belajar ga jemu-jemu. Kadang sampe maleeeeem sampe ngantuk sampe bosen. Makin deket sbmptn, makin rajin belajar. Makin giat. Makin ngerasa siap. Doa diperkuat. Pokoknya ngerasa persiapanku udah mateng banget.

TAPI!

Tapi ternyata usahaku ga seberapa. Di luar sana banyak yang jauuuuuh lebih giat. Jauuuuuh lebih rajin. Jauuuh lebih taat untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Mungkin belajarku masih sering bolong-bolong tiap harinya. Sedangkan mereka tiap hari diisi dengan membaca dan ngerjain soal.
Mungkin disaat aku main hp 10 menit, mereka tetep belajar.
Mungkin disaat aku jalan-jalan bareng kawan, atau nonton di bioskop, sainganku pada mantengin laptop liatin video pembahasan.
Mungkin di saat aku udah ngerasa taat dengan ngaji tiap hari sampe hari-H, teman-temanku yang lain ngajinya tiap abis solat 5 waktu.
Mungkin disaat aku yasinan pas malem hari-H, mereka yasinannya tiap malem jumat jauuuuh dari sebelum sbmptn menjemput.
Mungkin disaat aku tahajudnya cuma pas mau tes dan pengumuman, mereka udah jadiin tahajud itu sebagai habit, ya tiap hari.
Jadi, mereka, para sainganku, memang pantas untuk lolos di sbmptn 2018.
Dan aku? Ya sudalah. Toh aku banyak kurangnya, kan?

Sediiiiiiih, campur seneng sih pas ngeliat kawan-kawan pada lulus, eh tapi kita malah tak terurus ):
Kali ini memang aku gagal, tapi aku sama sekali tidak ingin menyalahkan diri sendiri, orang tua, penilaian dengan sistem baru, panitia sbmptn, bimbel, apalagi sampai menyalahkan Tuhan. Tidak sama sekali. Tidak ada yang patut disalahkan. Kalaupun ada yang bisa disalahkan, ya sudah pasti aku sendiri toh? Tapi ga ada gunanya juga untuk terus-terusan sedih dan menyalahkan diri sendiri. Ya sudalah, perjuangan memang ga mengkhianati hasil. Perjuanganku memang ga maksimal, hasilnya? Wajar sih kalo ga maksimal.

Selamat untuk teman-teman seperjuanganku yang sudah berhasil! Temen asrama, temen sekelas, temen bimbel, temen tapi demen, dan temen-temen yang lain. Doakan aku ya hehehe lafyu

Komentar

Postingan Populer